BeritaOlahraga

Dramatis, Gol Injury Time Antarkan Italia Ke Babak 16 Besar

20
×

Dramatis, Gol Injury Time Antarkan Italia Ke Babak 16 Besar

Share this article
Tinas Italia. foto: instagram azzuri
Tinas Italia. foto: instagram azzuri

Barisan.id, – Italia berhasil lolos ke babak 16 besar Euro 2024 setelah bermain imbang 1-1 berkat gol dramatis Mattia Zaccagni pada laga terakhir Grup B di Stadion Leipzig, Selasa (25/6/2024) dini hari WIB.

Hasil ini memastikan Italia mendampingi Spanyol ke babak berikutnya. Spanyol menjadi juara grup dengan sembilan poin, sementara Italia finis sebagai runner-up dengan empat poin.

Kroasia langsung mengancam pada menit keempat. Tembakan keras kaki kiri dari Luka Sucic dari luar kotak penalti memaksa Gianluigi Donnarumma melakukan penyelamatan gemilang.

Italia mendapatkan peluang pertama pada menit ke-21. Sundulan Mateo Retegui yang memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan masih tipis melebar di sisi kiri gawang lawan.

Kiper Kroasia, Dominik Livakovic, membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-27. Ia berhasil menggagalkan sundulan Alessandro Bastoni dari jarak dekat yang hanya menghasilkan sepak pojok.

Kedua tim berusaha keras untuk mencetak gol, namun hingga babak pertama berakhir, skor tetap imbang 0-0.

Kroasia tampil lebih baik di babak kedua. Upaya mereka mencetak gol berbuah penalti setelah tembakan Andrej Kramaric membentur lengan Davide Frattesi di kotak penalti. Wasit Danny Makkelie dari Belanda mengecek VAR dan memberikan penalti pada menit ke-54.

Luka Modric maju sebagai eksekutor, tetapi tendangannya ke sisi kanan berhasil dibaca dengan baik oleh Donnarumma.

Namun, hanya 32 detik kemudian, Modric menebus kegagalannya. Bola rebound dari tendangan Ante Budimir yang dimentahkan Donnarumma bergulir di depan gawang dan langsung ditendang Modric menggunakan kaki kiri, mengubah skor menjadi 1-0.

Italia merespons gol tersebut dengan cepat. Alessandro Bastoni nyaris mencetak gol melalui sundulan, tetapi bola masih tipis di atas mistar gawang Kroasia.

Pelatih Italia, Luciano Spalletti, melakukan perubahan dengan memasukkan Federico Chiesa, Gianluca Scamacca, dan Mattia Zaccagni.

Pergantian pemain ini akhirnya membuahkan hasil. Zaccagni berhasil membobol gawang Kroasia lewat tendangan melengkung ke tiang jauh pada menit terakhir masa injury time babak kedua, mengubah skor menjadi 1-1 dan memastikan Italia lolos ke babak 16 besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *