BeritaBerita Daerah

Pemerintah Sultra Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat Korban Longsor dan Banjir

92
×

Pemerintah Sultra Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat Korban Longsor dan Banjir

Share this article

Barisan.id, Kendari – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyampaikan bantuan kepada para korban banjir di Kota Kendari pada Kamis (29/2/2024). Sesuai instruksi langsung dari Penjabat (Pj.) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial turun ke lapangan untuk mengidentifikasi dampak banjir dan mendistribusikan bantuan di titik lokasi.

Bantuan yang disalurkan oleh Pemprov mencakup wilayah yang terdampak banjir, termasuk Kecamatan Mandonga, Kelurahan Benubenua, dan Kelurahan Punggaloba. Bantuan tersebut melibatkan pembangunan dapur umum, pendirian tenda pengungsi, serta penyaluran paket family kit yang mencakup berbagai kebutuhan, seperti sabun mandi, sikat dan pasta gigi, sampo, handuk kecil dan dewasa, pembalut wanita, jas hujan, jerigen lipat, dan container box.

Selain itu, bantuan juga mencakup perlengkapan bayi seperti minyak telon, sabun mandi bayi dan shampo, bedak bayi, sikat dan pasta gigi balita, handuk bayi, diapers, botol susu, selimut bayi, gendongan bayi, dan baju bayi. Tambahan lainnya berupa alat kebersihan seperti sapu lidi, sepatu boot, kain pel, lap serbaguna, plastik sampah, sarung tangan latex, sikat lantai, ember plastik, sapu air karet, gayung, dan pengki plastik juga disertakan dalam bantuan.

Sekda Sultra, Asrun Lio, menyampaikan bahwa Pj. Gubernur beserta seluruh jajaran Pemprov Sultra merasa prihatin terhadap kejadian banjir. Ia menambahkan bahwa Pj. Gubernur secara rutin memberikan peringatan mengenai prediksi cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG dan potensi banjir, serta pentingnya langkah-langkah antisipasi.

“Setiap hari saya selalu mengingatkan dan menyebarkan informasi dari Pak Pj. Gubernur dan BMKG mengenai prediksi cuaca di Whatsapp Group perangkat daerah maupun para bupati/walikota. Hal ini dilakukan sebagai early warning untuk mengambil langkah-langkah antisipasi dan upaya memitigasi risiko bencana,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *