BeritaBerita Daerah

18 Orang Panwaslu Kecamatan Resmi Dilantik, Ketua Bawaslu Butur Minta Segera Bangun Koordinasi

665
×

18 Orang Panwaslu Kecamatan Resmi Dilantik, Ketua Bawaslu Butur Minta Segera Bangun Koordinasi

Share this article
Pimpinan Bawaslu Butur bersama Panwascam Se-Kabupaten Buton Utara (Doc. Istimewa)
Pimpinan Bawaslu Butur bersama Panwascam Se-Kabupaten Buton Utara (Doc. Istimewa)

Barisan.id, Butur – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buton Utara resmi melantik 18 anggota panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) Kecamatan Se-Kabupaten Buton Utara.

Pelantikan 18 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Buton Utara ini bertempat di Hotel Sara’ea. Jumat (24/05/2024).

Ketua Bawaslu Kabupaten Buton Utara, Yayan Irawan menyampaikan, Pelantikan 18 anggota Panwascam ini merupakan langkah awal untuk memberi hasil positif bagi keberlangsungan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024 di Kabupaten Buton Utara.

“Pemilu atau pemilihan yang bebas, jujur dan adil itu sangat ditentukan peran panitia pengawas pemilihan,” ujarnya,

Menurut Yayan, Pemilu atau pemilihan merupakan sistem norma dalam proses penyampaian hak demokrasi rakyat dalam menentukan pilihannya berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, transparansi, dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, Panwaslu kecamatan harus menjujung tinggi profesionalisme, etika dan independensi dalam rangka menjaga marwah kelembagaan.

Selain itu, Yayan juga berpesan kepada semua Panwascam telah dilantik agar segera melakukan koordinasi dengan mitra kerja yakni Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Forkopimcam antara lain dengan Camat, Polsek, Koramil, serta semua stakeholder terkait di kecamatan.

“Pastikan bahwa catatan-catatan pada Pemilu 14 Februari kemarin menjadi bahan evaluasi untuk pemilihan serentak 2024 yaitu pemilihan bupati dan wakil bupati agar berjalan dengan lancar,” Ujar Yayan.

“Kalau ada masalah segera koordinasi, jangan didiamkan. Koordinasi menjadi hal penting ke kabupaten atau dengan teman-teman di kecamatan. Untuk teman-teman yang lama, kami mohon kerja samanya terutama dalam merangkul teman-teman yang baru. Kepada teman-teman yang baru harus bisa berlari dengan teman-teman lama,” ungkapnya,” Imbuhnya.

Di akhir penyampaian, Yayan mengingatkan seluruh Panwascam bahwa di depan mata banyak tahapan yang harus dijalankan.

“Tahapan yang ada di depan mata tentu saja padat. Setelah ini tugas teman-teman yang paling penting yaitu perekrutan Pengawas Kelurahan dan Desa yang segera dilimpahkan ke teman-teman,” pungkasnya.

Pelantikan Panwaslu Kecamatan menjelang Pilkada November 2024 pada Jumat itu dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan.

18 orang Panwascam yang dilantik dan mengikuti pembekalan tersebut terdiri dari 16 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. turut hadir dalam pelantikan Camat Kulisusu dan Camat Kulisusu Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *