Hasil Sidang Isbat Puasa Ramadhan 2024, Cek Disini

by -44 Views
Foto ilustrasi, sumber document pixabay
Foto ilustrasi, sumber document pixabay

Barisan.id, – Kementerian Agama (Kemenag) telah mengumumkan hasil sidang isbat penetapan awal bulan Ramadhan 1445 H. Awal bulan Ramadhan ini dinyatakan jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024.

Tim Hisab Rukyat Kemenag melaporkan bahwa pada petang Minggu, 10 Maret 2024, pemantauan posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia tidak dapat diamati. Oleh karena itu, berdasarkan metode hisab, penetapan 1 Ramadhan diumumkan jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024.

Cecep Nurwendaya, anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag, menjelaskan, Berdasarkan kriteria MABIMS (3-6,4) pada tanggal 29 Sya’ban 1445 H/10 Maret 2024 M, posisi hilal di seluruh wilayah NKRI belum memenuhi kriteria minimum tinggi hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat. Oleh karena itu, secara hisab, 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Selasa Pon, tanggal 12 Maret 2024 M

Cecep menambahkan bahwa hasil kesepakatan MABIMS (Menteri Agama Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura) telah mengubah kriteria visibilitas hilal menjadi ketinggian hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat. Karena itu, hilal di Indonesia pada sore hari itu tidak dapat diamati.

“Hilal tidak dapat diamati,” ungkap Cecep.

Informasi ini disampaikan dalam tahap pertama sidang isbat, di mana posisi hilal di Indonesia dijelaskan. Penetapan awal bulan Ramadhan 1445 H akan dilanjutkan dengan konferensi pers oleh Menteri Agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.