BeritaNasional

Jokowi Optimis Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional

10
×

Jokowi Optimis Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Share this article
Presiden Joko Widodo (doc. laman resmi fb Presiden Joko Widodo)
Presiden Joko Widodo (doc. laman resmi fb Presiden Joko Widodo)

Barisan.id – Presiden Joko Widodo optimisme terhadap kondisi ekonomi nasional yang mencatat pertumbuhan sebesar 5,11 persen pada triwulan I tahun 2024. Pencapaian ini terjadi di tengah banyaknya negara-negara besar yang tengah mengalami resesi atau mengalami penurunan pertumbuhan.

“Negara-negara besar telah terjerumus ke dalam jurang resesi, sedangkan negara-negara lain mengalami penurunan pertumbuhan, tetapi kita berhasil tumbuh sebesar 5,11 persen,” ungkap Presiden Jokowi. Selasa (7/5/2024).

“Saya rasa ini patut kita syukuri karena pertumbuhan ini banyak didorong oleh konsumsi, namun juga didukung oleh investasi yang terus mengalir ke negara kita,” tambahnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I-2024 mencapai 5,11 persen secara tahunan (year-on-year). Ini merupakan pertumbuhan tertinggi sejak tahun 2015.

Sementara itu, dalam menghadapi isu penutupan beberapa pabrik manufaktur di dalam negeri, Presiden mengakui bahwa fluktuasi semacam ini merupakan bagian dari dinamika pasar yang dipengaruhi oleh kompetisi, efisiensi, dan adaptasi terhadap produk-produk baru.

“Mengenai penutupan beberapa pabrik, hal ini adalah fenomena yang wajar dalam dunia bisnis yang selalu berfluktuasi karena persaingan, efisiensi, dan adaptasi terhadap produk-produk inovatif,” jelasnya.

Meskipun beberapa pabrik mengalami penutupan, Presiden menegaskan bahwa secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih terjaga dengan baik. Ini mencerminkan ketahanan dan potensi pasar domestik serta kepercayaan investor.

“Saya kira kedua faktor tersebut, yakni konsumsi dan investasi, menunjukkan kinerja yang sangat baik,” ujarnya.

Peningkatan pertumbuhan ini menjadi indikasi bahwa Indonesia, meskipun dihadapkan pada tantangan global, tetap merupakan kekuatan ekonomi yang tangguh dan terus menarik investasi yang berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *