Ketua HMI Pers Cabang Bone Bolango Minta Kapolres Bone Bolango Tindak Tegas Pelaku Usaha Ilegal Batu Hitam di Bone Bolango

by -350 Views
Ketua Umum/Formature HMI Cabang Persiapan Bone Bolango
Ketua Umum/Formature HMI Cabang Persiapan Bone Bolango

Barisan.id, Gorontalo – Ketua Formature Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Pers. Cabang Bone Bolango, Rizal Sembaga meminta Kapolres Bone Bolango tegas dalam pelaku usaha tambang batu hitam illegal.

Rizal menilai bahwa meskipun tambang batu hitam dapat memberikan nilai ekonomi bagi wilayah bone bolango namun juga memiliki dampak negatif terhadap lingkungan.

“setiap pertambangan, dimanapun itu jika illegal maka akan menimbulkan dampak lingkungan yang serius, seperti merusak habitat alami hewan, burung, mempengaruhi kualitas air dan tanah, juga terjadinya pencemaran udara,” kata Rizal. Rabu (1/3/2023).

Selain itu, tambang batu hitam juga dapat mempengaruhi mata pencaharian masyarakat setempat. Pada beberapa kasus, tambang batu hitam menyebabkan lahan pertanian atau perkebunan yang digunakan oleh masyarakat setempat menjadi tidak produktif karena terkontaminasi dengan bahan kimia dan zat beracun yang digunakan selama proses pertambangan.

Lebih lanjut Rizal menjelaskan bahwa untuk mengatasi permasalahan tambang batu hitam dibutuhkan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan. Pemerintah daerah, perusahaan tambang, dan masyarakat setempat harus bekerja sama untuk mencegah dampak dari tambang batu hitam ini terhadap lingkungan.

“Pemerintah daerah harus memastikan bahwa proses perizinan dan regulasi yang diterapkan dalam kegiatan tambang batu hitam memperhatikan aspek lingkungan. Para pelaku usaha tambang harus mengikuti standar keamanan dan lingkungan yang ketat dalam kegiatan pertambangan mereka,” ujarnya.

Kemudian juga dari pihak keamanan, Kapolres Bone Bolango harus tegas dalam melakukan pengawasan terhadap pelaku usaha atau investor tambang batu hitam.

“Kami menilai kapolres bone bolango tidak tegas dalam menindak para pelaku usaha tambang ilegal seperti batu hitam,” ucap Rizal.

Hal ini dapat dilihat pada maraknya pengiriman batu hitam lewat jalur pelabuhan anggrek. Ini menandakan bahwa pelaku usaha batu hitam ilegal masih terjadi dan seolah ada pembiaran.

Pada menurut Rizal, Kapolres memiliki kekuatan hukum dan otoritas untuk memberikan sanksi yang tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha tambang ilegal batu hitam.

Pengawasan dan penertiban para pelaku usaha atau investor illegal ini menjadi penting mengingat banyak masalah ditimbulkan dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh kegiatan tambang batu hitam.

Untuk itu kami berharap kepada Kapolres Bone Bolango agar tegas dan lebih proaktif dalam melakukan pengawasan terhadap kegiatan tambang batu hitam di wilayahnya.

“Tindakan yang diambil harus bersifat tegas dan efektif, serta dilakukan secara berkelanjutan. Dalam hal ini, Kapolres harus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti pemda,” terangnya.

Kami pun akan terus mengawal persoalan batu hitam illegal ini baik lewat kajian, diskusi akademis keorganisasian maupun lewat parlementer jalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.