BeritaBerita DaerahOlahraga

Kiper Mert Gunok Kunci Kemenangan Turki

37
×

Kiper Mert Gunok Kunci Kemenangan Turki

Share this article
Kiper Turkiye, Mert Gunok. Foto: Laman instagram @mertgunok_34
Kiper Turkiye, Mert Gunok. Foto: Laman instagram @mertgunok_34

Barisan.id, – Kiper Mert Gunok layak dinobatkan sebagai bintang kemenangan Turki atas Austria dalam babak 16 besar Euro 2024 di Stadion Red Bull Arena, Rabu (3/7) dini hari WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Turki menang 2-1 atas Austria. Dua gol Merih Demiral hanya bisa dibalas dengan satu gol Michael Gregoritsch.

Meski Demiral mencetak dua gol untuk Turki, bintang kemenangan sesungguhnya patut diberikan kepada Mert Gunok.

Jika Gunok tidak membuat penyelamatan penting pada menit ke-90+4, bisa jadi nasib Turki akan berbeda. Super save Gunok itu tidak saja terjadi pada detik-detik akhir pertandingan, namun juga dalam posisi yang sulit untuk seorang penjaga gawang.

Dalam momen tersebut, Austria yang tertinggal 1-2 terus menyerang Turki. Dari sisi kiri, Alexander Prass melepaskan umpan silang ke kotak penalti lawan, Christoph Baumgartner yang tidak terkawal ketat dalam posisi cukup bebas melepaskan sundulan.

Gunok yang mencoba mengantisipasi sundulan Baumgartner sedikit bergerak ke kiri. Nahas bagi Gunok, Baumgartner menyundul ke sisi kanan gawang dengan lebih dulu memantulkan bola ke lapangan.

Bola pantul selalu menyulitkan penjaga gawang. Beruntung bagi Turki, Gunok bereaksi cepat menepis bola dengan tangan kanan. Gawang Turki selamat dari kebobolan pada detik-detik akhir.

Penyelamatan itu bukan satu-satunya yang dilakukan Gunok. Sepanjang pertandingan melawan Austria, kiper Besiktas ini membuat empat penyelamatan yang menghindarkan gawang Turki dari kebobolan lebih banyak.

Berkat penyelamatan krusial Mert Gunok, Turki lolos ke perempat final Euro 2024. Di babak delapan besar nanti, Turki akan melawan Belanda di Olympiastadion, Minggu (7/7) dini hari WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *