Mengenal Lebih Dekat UHA Yang Dakwahnya Ditolak Banser NU

by -210 Views
Ustadz Hanan Attaki
Ustadz Hanan Attaki

Barisan.id – Penceramah Kondang Ustaz Hanan Attaki baru-baru menjadi trending topic di media sosial. Ustaz muda dan gaul tersebut menjadi bahan pembicaraan warganet usai pengajiannya dibubarkan warga dan Banser NU.

Peristiwa pembubaran pengajian Ustadz Hanan Attaki (UHA) ini terjadi pada minggu (12/2/2023) di Masjid Al-Myttaqien, Desa Laden, Madura. Aksi pembubaran itu sendiri dilakukan oleh orang-orang yang berseragam banser NU dari pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pamekasan.

Yang menjadi alasan penolakan pengajian Ustaz UHA tersebut, dikhawatirkan ceramahnya dapat memecah dan merusak kerukunan maupun kekeluargaan antara masyarakat yang ada disana.

Penolakan banser NU ini tentu saja menuai berbagai tanggapan dan kecaman dari netizen. Banyak yang menyayangkan aksi mereka lantaran dakwah UHA selama ini cenderung bernuansa damai dan sama sekali tidak ada potensi membahayakan NKRI.

“Apaan sih yang membuat banser memusuhi ceramah Ustadz Hanan Attaki? Katanya toleran agama sendiri ditolak, keyakinan orang lain dijaga,” ujar salah satu netizen.

Namun terlepas dari penolakan tersebut. Barangkali sobat Barisan perlu mengenal lebih dekat lagi dengan ustaz gaul yang satu ini. Berikut profil UHA dan biodata singkatnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Nama Lengkap                   : Tengku Hanan Attaki

Nama Panggilan                 : Ustaz Hanan Attaki (UHA)

Tempat, tanggal lahir          : Aceh, 31 Desember 1981

Agama                                : Islam

Pekerjaan                           : Penceramah

Hanan Attaki merupakan anak kelima dari enam bersaudara. Ia lahir di Aceh pada 31 Desember 1981. Sejak kecil sudah dekat dengan Al Qur’an. Dirinya sering mengikuti lomba membaca Al-Qur’an dan selalu berhasil mendapatkan juara.

Karena prestasinya di bidang Tilawatil Quran, Hanan Attaki mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir. Setelah tamat dari pondok pesantren Ruhul Islam Banda Aceh, Hanan Attaki langsung terbang ke negeri piramida tersebut untuk melanjutkan pendidikan.

Di Al-Azhar, Hanan Attaki mengambil jurusan Tafsir Al-Qur’an pada Fakultas Ushuluddin. Di samping menimba ilmu, laki-laki yang hobi touring dan skateboarding ini juga aktif dalam sejumlah kegiatan seperti tergabung dalam kelompok studi Al-Qur’an dan ilmu-ilmu Islam.

Selain itu, Hanan Attaki juga sempat menjadi salah satu pemimpin bulletin Salsabila. Ia juga pernah beberapa kali mengisi acara tilawah di beberapa stasiun TV dan bahkan pernah terpilih qori terbaik Fajar TV Kairo pada tahun 2005.

Singkat cerita setelah mendapatkan gelar Lc (License) dari Universitas Al Azhar, ia Kembali ke Indonesia dan menetap di bandung bersama istri dan anak-anaknya.

Perjalanan Karir UHA

Bekerja sebagai pengajar SQT Habiburrahman dan Jendela Hati.

Direktur di Rumah Qur’an Salman ITB

Mendirikan Shift Pemuda Hijrah.

Sebagai seorang lulusan Al Azhar, tentunta Hanan Attaki sangat aktif berdakwah hingga dikenal dengan sebutan UHA alias ustadz Hanan Attaki. Pembawaannya yang santai, tetapi ngena di hati, membuat banyak anak muda yang senang dengan ceramahnya.

Fokus ceramahnya lebih cenderung mengajak ana-anak muda menuju kebaikan. Hal ini karena generasi muda sekarang banyak yang terjerembab dalam lubang kemaksiatan, seperti pacaran dan seks bebas.

Dalam bahasanya, Ustadz Hanan Attaki mengajak para kawula muda untuk lebih baik menjadi “Jomblo Fisabilillah”, yaitu pemuda-pemudi yang taat pada agama. Terbukti, lewat ajakannya, banyak anak muda yang hijrah dan semakin mendekatkan diri pada Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.