BeritaNasional

Menggembirakan, Polri Buka Penerimaan Untuk Penyandang Disabilitas

181
×

Menggembirakan, Polri Buka Penerimaan Untuk Penyandang Disabilitas

Share this article
AS SDM Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. (Foto:PMJ News)
AS SDM Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. (Foto:PMJ News)

Barisan.id, Jakarta – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membuka peluang bagi penyandang disabilitas yang berminat menjadi Perwira Kepolisian dan Bintara.

Kabar positif ini disampaikan langsung oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Dedi Prasetyo, sebagaimana dilaporkan oleh PMJ News pada Selasa (16/1/2024).

“Dalam tahun ini, Polri akan merekrut personel dari kalangan penyandang disabilitas. Rekrutmen disabilitas Bintara Polri terbuka bagi yang telah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA dan SMK, sementara SIPSS diperuntukkan bagi lulusan perguruan tinggi,” ungkap Dedi.

Irjen Dedi menyatakan bahwa penyandang disabilitas yang lulus dalam rekrutmen ini akan ditempatkan pada posisi-posisi seperti Teknologi Informasi (TI), Siber, Bagian Keuangan, Perencanaan, Administrasi, dan lainnya yang bersifat non-lapangan.

Sebagai referensi, Irjen Dedi menyebut tiga negara maju, yaitu Australia, Amerika Serikat, dan Inggris, yang menerima polisi dari kalangan penyandang disabilitas.

“Dasar hukum untuk penerimaan ini mencakup Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 27 Tahun 2021, Peraturan Menteri PAB-RB Nomor 28 Tahun 2021, dan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 29 Tahun 2021,” tambahnya.

Irjen Dedi juga menegaskan bahwa kesempatan ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan Peraturan Kapolri Nomor 10 Tahun 2016 tentang Penerimaan Anggota Polri.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan bahwa jumlah Personel Polri saat ini mencapai 447 ribu. Rekrutmen Polri mencakup berbagai jenjang, termasuk Akpol, SIPSS, Bintara, hingga Tamtama, serta khususnya rekrutmen untuk penyandang disabilitas.

Rekrutmen SIPSS 2024 untuk penyandang disabilitas dijadwalkan akan dibuka mulai tanggal 26 Januari hingga 1 Maret 2024, dan pendaftarannya dapat dilakukan secara online melalui situs resmi Polri.

Inisiatif rekrutmen ini mencerminkan komitmen Polri untuk mewujudkan kesetaraan bagi seluruh warga negara, termasuk penyandang disabilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *