BeritaNasional

TB Hasanuddin: Serangan Siber Terus Berulang, Ini Kecelakaan atau Kebodohan Nasional

24
×

TB Hasanuddin: Serangan Siber Terus Berulang, Ini Kecelakaan atau Kebodohan Nasional

Share this article
Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin, Foto:laman Website DPR RI.
Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin, Foto:laman Website DPR RI.

Barisan.id, – Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengkritik keras Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atas kejadian serangan siber ransomware terhadap Pusat Data Nasional (PDN). Ia merasa heran dengan terus berulangnya peristiwa kebocoran data dan peretasan sistem yang terus terjadi.

“Ini sebetulnya kecelakaan atau kebodohan nasional ya? Karena apa? Prihatin. Kita sudah hampir lima tahun bekerja sama terutama dengan mitra BSSN, dan BSSN selalu melaporkan ada serangan tetapi tidak ada tindakan yang lebih komprehensif,” ujarnya dalam Rapat Kerja Komisi I dengan Menkominfo dan Kepala BSSN di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta. Kamis (27/06/2024).

Politisi Fraksi PDI-Perjuangan tersebut menyatakan bahwa berdasarkan laporan dari lanskap keamanan siber Indonesia tahun 2023 kepada DPR RI, terdapat 1.101.229 insiden. Ia pun mempertanyakan kinerja pemerintah dalam menanggulangi serangan siber.

“Tetapi terus-terus saja begitu. Apakah kita hanya akan melaporkan insiden itu atau melakukan upaya-upaya supaya insiden itu tidak terjadi,” tegasnya.

Selain itu, Ia juga mempertanyakan tindakan forensik digital yang telah dilakukan untuk menemukan pelaku peretasan PDN ini.

“Sekarang kan (data) kita dikunci, kodenya di mereka, kita diminta menebus, kan tidak mungkin. Sekarang ini saya mohon terbuka ini seperti apa forensik digital yang dilakukan? Saya mau tahu,” tuturnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *