BeritaBerita Daerah

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Dinkes Buton Utara Laksanakan Kegiatan Gerakan Aktifkan Posyandu di Puskesmas Waode Buri

241
×

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, Dinkes Buton Utara Laksanakan Kegiatan Gerakan Aktifkan Posyandu di Puskesmas Waode Buri

Share this article
Foto Istimewa
Foto Istimewa

Barisan.id, Butur – Tingkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara gelar kegiatan Gerakan Aktifkan Posyandu bertempat di Puskesmas Waode Buri. Selasa (28/5/2024).

Sasaran kegiatan ini adalah kader, balita dan keluarganya serta tokoh masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Waode Buri.

Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan yang disediakan oleh posyandu. Posyandu biasanya menawarkan berbagai layanan kesehatan, seperti gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak, konsultasi kesehatan, dan penyuluhan.

Tim kerja dari dinas kesehatan juga memberikan edukasi tentang manfaat ke posyandu serta penjelasan tentang ILP (Intergrasi Layanan Primer) disampaikan kepada sasaran yg hadir. Agar masyarakat semakin memiliki kecintaan akan posyandu dan terus mengakses layanan posyandu sesuai dengan jadwal yg telah ditentukan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Ernawati Ali, SKM.,M.Kes menyampaikan, Posyandu telah menjadi pijakan yang kuat dalam sistem kesehatan masyarakat kita. Namun tantangan yang dihadapi tidak boleh diabaikan. Kita masih memiliki kesenjangan dalam cakupan dan kualitas layanan kesehatan di banyak daerah.

“Hari ini, kita berkumpul dengan semangat yang sama untuk mendorong peran Posyandu sebagai pusat pelayanan kesehatan yang inklusif dan responsif. Mari kita bersama-sama merangkul perubahan positif, membangun kesadaran akan pentingnya kesehatan prakonsepsi hingga tahap lanjut kehidupan,” Kata Ernawati.

“Melalui Gerakan Aktifkan Posyandu, kita memiliki kesempatan untuk hal itu. Dengan mendorong partisipasi aktif dari masyarakat, menggalang dukungan dari semua pihak, dan meningkatkan aksesibilitas serta mutu layanan kesehatan, kita dapat menciptakan dampak yang signifikan dalam upaya pencegahan penyakit, kesehatan ibu dan anak, serta peningkatan kualitas hidup. Dalam mengaktifkan Posyandu, mari kita lakukan dengan penuh semangat dan tekad,” Imbuhnya.

Lebih lanjut Ernawati berharap agar petugas kesehatan puskesmas waode buri agar menjadikan setiap langkahnya sebagai landasan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui akses yang lebih baik terhadap pelayanan kesehatan.

“Mari kita dorong partisipasi aktif dari semua lapisan masyarakat, karena hanya dengan bersatu kita dapat mencapai perubahan yang berarti. Mari kita bersatu, bekerja sama, dan berkomitmen untuk mewujudkan visi kesehatan yang lebih baik bagi semua. Setiap langkah kecil yang kita ambil hari ini akan membawa perubahan yang besar untuk masa depan yang lebih cerah,” Pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan ini, Camat Kulisusu Utara, Kepala Puskesmas Waode Buri, Staf Bidang Kesmas Dinkes Buton Utara, dan Staf Puskesmas Waode Buri, yang juga menyempatkan memberikan edukasi kepada masyarakat yang hadir ditempat pelaksanaan kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *