Dinkes Buton Utara Menerima 12 Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat

by -360 Views

Barisan.id, Butur – Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Buton Utara, dr. Izanuddin menerima Tim Nusantara Sehat yang akan bertugas di wilayah Kabupaten Buton Utara selama dua tahun. Sabtu (8/7/2023) di Aula Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara, dr. Izanuddin menyampaikan apresiasinya atas hadirnya 12 orang tenaga Nusantara Sehat di Kabupaten Buton Utara.

12 orang tenaga kesehatan ini terdiri dari tenaga dokter, dokter gigi, farmasi, sanitarian,  Kesehatan Masyarakat dan ATLM. 

“semoga hadirnya tim Nusantara Sehat ini dapat memberikan manfaat yang positif terhadap kesehatan masyarakat, baik terhadap naiknya cakupan program, membaiknya manajemen puskesmas, serta meningkatnya jumlah kunjungan masyarakat ke puskesmas maupun meningkatnya kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan sehat,” kata Izanuddin.

Ia pun menjelaskan bahwa penugasan Khusus Tenaga Kesehatan ini dilakukan guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Puskesmas dengan kriteria terpencil atau sangat terpencil terutama di daerah terluar, perbatasan dan kepulauan (DTPK), agar dapat melakukan pelayanan kesehatan di Puskesmas sesuai kompetensi dan kewenangannya di Puskesmas. 

Hal ini tentu sejalan dengan penjabaran Misi pertama Pemerintah Daerah dalam Peningkatan akses dan pelayanan kesehatan.

“Olehnya saya berharap dengan hadirnya tenaga kesehatan ini menjadi pendorong bagi puskesmas agar lebih masif lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat sesuai standar, baik lewat komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) maupun pelayanan medis,” ujarnya.

Dari 12 tenaga kesehatan ini, 5 orang akan di tempatkan di puskesmas Soloy Agung, 2 orang akan di tempatkan di Puskesmas Kambowa, dan 5 orang lainnya di tempatkan di Puskesmas Kambowa Selatan.

Untuk diketahui Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat ini diserahkan oleh perwakilan Biro Umum Kementerian Kesehatan RI, Ferdhy Firdausy dan Deri Hartanto, yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara, dr. Izanuddin, M.Kes.

Setelah penerimaan tersebut, dilanjutkan serah terima dari Dinas kesehatan ke puskesmas tempat tenaga Nusantara Sehat bertugas dan langsung diantarkan ke Puskesmas tempat tugas masing-masing.

Dalam acara penyerah tenaga kesehatan program Nusantara Sehat ini dihadiri seluruh kepala puskesmas yang menerima penugasan khusus Nusantara Sehat dan Sub Koordinator SDK Dinas kesehatan Buton Utara Budi Ansar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.