BeritaKesehatan

Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan, Pemkab Butur Kembangkan Program Halo Dokter

394
×

Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan, Pemkab Butur Kembangkan Program Halo Dokter

Share this article
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara, dr. Izanuddin
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Utara, dr. Izanuddin

Barisan, Butur – Demi meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan pendekatan akses geografis, pemerintah Kabupaten Buton Utara melalui Dinas Kesehatan mengembangkan program layanan Kesehatan berupa Halo Dokter.

Program layanan Kesehatan Halo Dokter merupakan upaya pemerintah Kabupaten Buton Utara dalam mendekatkan pelayanan Kesehatan secara cepat dan tepat kepada masyarakat terutama bagi masyarakat terpencil atau desa yang jauh dari pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas).

“Program Halo Dokter ini terintegrasi dengan Misi Bupati Buton Utara yakni meningkatkan sumber daya manusia yang berdaya saing melalui peningkatan aksesibilitas, kualitas pendidikan dan Kesehatan,” kata Plt Kepala Dinas Buton Utara, dr. Izanuddin.

Kemudian dr. Izanuddin juga mengemukakan bahwa melalui Halo Dokter masyarakat bisa mengakses layanan Kesehatan secara langsung.
Masyarakat dapat berkomunikasi dengan para dokter, bidan dan perawat secara mudah, serta mendapatkan pilihan-pilihan yang tepat dan cepat dalam mengatasi permasalahan Kesehatan.

“Masyarakat bisa konsultasi langsung by phone dengan dokter yang ada, mendapatkan konseling Kesehatan secara langsung, dan dapat memesan ambulance secara langsung jika dalam keadaan gawat darurat,” ujar dr. Izanuddin.

Selain itu, dr. Izanuddin mengungkapkan, pada tahun 2023 desa yang mendapatkan program Halo Dokter sebanyak 13 desa di 6 kecamatan se-kabupaten Buton Utara. Setiap desa ditempatkan 2 tenaga kesehatan yakni Bidan dan Perawat.

Menurut dr. Izanuddin, Program Halo Dokter hasilnya sudah terlihat secara signifikan, dimana masyarakat sangat antusias dalam melakukan pemeriksaan Kesehatan baik itu pemeriksaan Kesehatan Bumil, pertolongan persalinan, pemberian tablet Fe, imunisasi, program stunting maupun layanan Kesehatan lainnya.

Bukan hanya itu, dr. Izanuddin juga mengungkapkan, saat ini telah ada penambahan 2 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) baru untuk wilayah kabupaten Buton Utara yang telah teregistrasi di Kementerian Kesehatan, Puskesmas Kambowa Selatan dan Puskesmas Soloy Agung.

Untuk Puskesmas Kambowa Selatan sendiri terletak di Desa Konde, Kecamatan Kambowa. Wilayah kerjanya meliputi 5 desa, yaitu Desa Mata, Bente, Konde, Pongkowulu dan Desa Lagundi.

Sementara untuk Puskesmas Soloy Agung, berada di Desa Soloy Agung, Kecamatan Kulisusu Barat, yang wilayah kerjanya meliputi Desa Ronta, Rantegola, Gunung Sari, Soloy Agung, Rahmad Baru dan Lauki.

Kedua puskesmas ini telah beroperasi, melakukan pelayanan dan juga telah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Kami dari Dinas kesehatan akan terus mendorong pelayanan kesehatan bermutu dan terjangkau agar masyarakat bisa terlayani dengan sebaik-baiknya sebagai bentuk dari komitmen terlaksananya Visi dan Misi Pemerintah Daerah Kab. Buton Utara,” pungkasnya.

Adapun desa yang sudah mendapatkan layanan Program Halo Dokter diantaranya Desa Langere, Desa Koepisino, Desa Tatombuli, Desa Lahumoko, Desa Lapero, Desa Bira, Desa Kurolabu, Desa Torombia, Desa Tomoahi, Desa Laba Jaya, UPT Laeya, Desa Wacu Laeya, dan Desa Tri Wacu-wacu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *